Tuesday, 8 April 2014

Berapa Gulung Benang?

Pertanyaan umum dan lazim dilontarkan saat abis liat-liat Pinterest dan memutuskan untuk memulai suatu project crochet. Hmm... pertanyaan ini tricky banget.

Kenapa?

Berdasarkan pengalaman saya yang belum seberapa ini, banyaknya benang yang akan dipakai adalah sangat bergantung pada beberapa hal, yaitu: motif, jenis benang, ukuran hook, ukuran project. Sialnya, tutorial-tutorial lucu di Pinterest banyak pake benang yang ngga ada di Indonesia. Ih, bisa diakalin, tauk. Hehehe.

Oke, kita mulai dari yang gampang-gampang aja ya...

Syal/Scarf/Cowl
Saya sering sekali bikin project ini. Sejauh ini, menggunakan benang apa pun (soft cotton, rayon, katun big ply) ngga akan habis lebih dari 5 gulung, kecuali jij mo bikin syal yang lebih panjang dari 200 cm. Terakhir bikin syal sepanjang 210 cm, dan memakai dua warna, saya habiskan 4 gulung: 2 hitam dan 2 abu-abu, pake Katun Big Ply.

Selimut Bayi/Dewasa
Again, masi pake Katun Big Ply, saya habis kan 5-6 gulung benang (lupa), pake 2 warna (lagi) dengan motif Simple Stitch Tunisian. Rekor dipegang oleh selimut dewasa yang sedang saya kerjakan, kayanya udah abis lebih dari 10 gulung, pake 3 kombinasi warna. DAN BELOM SELESAI pulaak... *hiks

Doily
Doily berukuran kecil - sedang (kurang lebih 60 cm) saya bisa menghabiskan 2 gulung Soft Cotton. Doily berukuran besar, terus terang belom ada yang selesai, sejauh ini masih 3 gulung dan masih jauh pula perjalanannya hingga selesai.

Beanie
Beanie untuk bayi sampe umur 12 bulan, saya menghabiskan 1.5 gulung. Beanie dewasa dengan stitch single crochet atau double crochet habis 2 gulung Katun Big Ply, dan 1.5 gulung Soft Cotton.

Terus terang, saya belum berani mencantumkan berapa jumlah benang yang harus disediakan untuk membuat project pakaian. Sebab saya sama sekali belum banyak pengalamannya. Oke, katakanlah untuk celana bayi, usia 7 bulan, saya pernah menghabiskan 2 gulung benang. Namun, pastinya, untuk bayi usia lain, atau anak-anak atau juga dewasa, saya belum pernah. Mungkin ada dari pembaca yang bisa membantu melengkapi daftar ini? :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...