Monday, 1 September 2014

Kemasan Benang

Penting?
Well, bisa jadi. Bentuk kemasan benang yang beredar di seluruh dunia, bukan hanya sekedar metode packaging agar produk menjadi menarik dan menonjolkan warna yang dimiliki oleh benang tersebut.
Bagi saya pribadi, bentuk kemasan benang berkaitan erat dengan berapa banyak ruang yang harus saya siapkan untuk menyimpan benang-benang tersebut sampai akhirnya nanti digunakan, dan apakah bentuk kemasan benang tersebut akan menarik dalam displaynya. Selain itu, mengetahui istilah-istilah ini akan mempermudah Anda dalam mengenali macam kemasan benang-benang yang dijual di pasaran dunia.

1. Hank

Hank adalah bentuk kemasan benang yang berbentuk seperti kepang rambut. Beberapa produk benang nilon dan benang jala di Indonesia menggunakan kemasan seperti ini. Benang yang dikemas dalam bentuk hank tidak dapat langsung dipakai. Sebaiknya, benang dilepas dari kepangannya dan digulung menjadi bola atau cake.




2. Skein

Jenis kemasan ini umum ditemui pada berbagai merk benang. And nope, I do not like this packaging type, karenaaaa... gulungannya cenderung gede dan memakan tempat saat akan disimpan. Ditambah lain perputarannya tidak sefleksibel benang dalam kemasan cake. Personal preference, loh.. hehehe..


3. Ball

Wah, ini jenis benang kegemaran para kucing di seluruh dunia. Bisa diglundungin, bisa diterkam, bisa digigit. Ada beberapa masa saat saya pun menggemari bentuk kemasan ini, dan ngebela-belain untuk ngegulung benang sendiri agar seragam semua dalam bentuk ball. Well, my mistake. Karena bentuk kemasan ini paling banyak memakan tempat saat penyimpanan. Ih, kita kan mau stok benang bergunung-gunung tapi bisa tetep rapi.... Repot doong.... But, then again, ada orang-orang yang menggemari bentuk kemasan ini. Once again, not a problem. :) It's just how you like it.

4. Donut


Bentuknya jelas seperti donat, dengan lubang di tengahnya. Not the best packaging in my personal opinion, karena benang cenderung lebih gampang buyar gulungannya. But, it is a personal preference, jadi ya ngga masalah kalau ada orang yang lebih suka dengan jenis kemasan ini daripada yang lain. :)

5. Cake


Jenis kemasan ini bentuknya bulat melingkar seperti satu loyang kue. Bentuk ini sangat ramah penggunaannya dan juga mempermudah penyimpanan benang, karena bentuknya yang simpel dan padat. Benang-benang dengan bentuk ini dengan mudah dapat ditumpuk antara satu dan lainnya, sehingga menghemat tempat jika dibandingkan dengan benang dalam kemasan lain. Ngeh ngga, kalo benang-benang produk KuCrochet Yarn Shop dikemas dalam bentuk ini? Supaya kita semua ngga repot menyimpannya di dalam lemari ataupun kontainer plastik. Untuk menggunakannya, benang dapat ditarik dari sisi dalam ataupun sisi luar dan kemasan akan tetap rapi

6. Cone


Jenis kemasan ini di Indonesia sering dijumpai pada beberapa merk katun dan nilon. Di KuCrochet Yarn Shop, kemasan ini ada pada produk-produk nilon.

Demikian paparan mengenai benang dan kemasannya. Nggak pake bingung lagi dong? Hehe.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...