Thursday, 27 November 2014

Common Crochet Mistakes....

Halo, darlings!
Apa kabar project crochet kamu?
Merasa stuck? Merasa gagal dan males ngelanjutin?
Nonton video di bawah deh. Melanie menjelaskan dengan baik dan benar tentang semua masalah-masalah yang hampir pasti dihadapi oleh pemula. Beberapa poin sudah dijelaskan juga di bagian FAQ di blog ini. Sekaraaaang, yuk nonton! :)

[to Melanie, if you came across this blog: awesome video! I loved how you explain all the things that we always encounter while starting to learn to crochet.]


Gimana?
Jelaskan doi menjabarkannya? Kurang jelas? Butuh diterjemahin? Yuk kita bahas satu-satu poin yang disebutkan Melanie dalam video di atas.

1. TENSION alias: tarikan benang
Melanie menjelaskan bahwa pengendalian tarikan benang yang terletak di tangan kiri (atau tangan kanan kalo kamu kidal), itu penting! Ketika tarikan benang di tangan sebelah itu terlalu kencang, hasil akhir dari crochet kamu akan mrungkel, mengkerut, atau malah jadi asimetris. Pengendalian ini tentunya memerlukan LATIHAN untuk membiasakan jari dan otot-otot pergelangan tangan agar lebih relaks dan santai, sehingga tidak ada tarikan yang terlalu kencang. Perlu diingat juga, tarikan yang terlalu kencang menyebabkan hasil akhir akan terlalu padat, dan ketika dicuci, bisa saja barang yang sudah dirajut akan mengkerut dan tidak bisa flat lagi (terutama pada doily, percaya lah, saya sudah pernah mengalami ini). Jadi, silakan latihan terus terus dan terus, untuk melonggarkan tarikan benang kamu. Santai sajaa.. benang tidak perlu ditarik terlalu kencang untuk dapat dikaitkan di hook kamu. 
TIPS SAYA: latihanlah dengan membuat chain sepanjang mungkin. Apabila kamu mulai membuat chain dengan tarikan terlalu kencang, barisan chain yang dibentuk akan langsung mrungkel. Trust me. Seiring dengan kamu melatih tangan untuk membuat chain, kamu akan lihat sendiri tarikan mana yang menghasilkan rajutan yang tepat, atau tidak.

2. STITCH COUNT alias: menghitung jumlah stitch
Well, suka tidak suka, semua barang rajutan lucu yang kamu lihat di Instagram dan di Pinterest itu adalah hasil menghitung dengan teliti. Kalo naksir suatu barang rajutan, pengen bikin, tapi males ngitung, ya ngga akan jadi. Believe me. Skip dalam menghitung stitch juga akan menghasilkan tepian yang tidak rata dan ini akan membuat hasil rajutan terlihat kurang rapi. Jadi, ayo jangan malas menghitung stitch pada project rajutan kamu!

3. Jangan menyerah
Kalo hasil rajutan kamu sama sekali ngga mirip dengan foto barang rajutan di Instagram atau Pinterest, so what? Toch kamu yang bikin, kan? Itu hasil kreativitas kamu, dan anggap aja itu adalah modifikasi dari barang yang kamu lihat. No problem. Dalam crochet tidak ada salah atau benar, yang ada: salah hitung. Hahahaha... Eh, bahkan salah ngitung PUN bisa jadi sesuatu yang baru. So, please jangan menyerah. Ingatlah wajah girang pacar-pacar kamu saat dikasi syal atau topi rajutan dari kamu seorang. Ughhh, nothing beats that! Haha. Ingat juga, salah menghitung pun masih bisa dibongkar dan dikerjakan kembali kan? Silakan juga kalo lebih suka membikin target kapan project kamu harus selesai, intinya harus selesai. Meskipun bakal satu minggu, satu bulan, satu tahun... yang penting selesai satu project. AYO, SEMANGAAAT!

Hahaha. Kira-kira itu lah poin-poin yang disampaikan Melanie di dalam videonya. Capek saat mencoba mulai crochet itu wajar, jari kadang jadi sakit, dan mata juga sepet. Kalo sudah begitu, istirahat dulu, kemudian, coba lagi. Okey?!?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...